Indonesia Negara Maritim Mengapa Masyarakat Pesisir Miskin dan Tidak Sejahtera ?

Gambar Indonesia Negara Maritim Mengapa Masyarakat Pesisir Miskin dan Tidak Sejahtera ? - ZONABAHARI.COM

Sebagai salah satu negara kepulauan, tentunya Indonesia punya banyak sumber daya alam di wilayah laut dan sekitarnya. Akan tetapi, pernyataan seperti Indonesia negara maritim mengapa masyarakat pesisir miskin selalu muncul. Lalu apa sebenarnya penyebab hal ini bisa terjadi ?

Indonesia Negara Maritim Mengapa Masyarakat Pesisir Miskin ?, Inilah 6 Alasannya

Masyarakat pesisir memang menjadi sorotan. Hal ini karena mayoritas belum mendapatkan kehidupan yang layak. Sebenarnya hal ini terjadi karena beberapa faktor. Berikut 6 alasan kenapa pernyataan seperti Indonesia negara maritim mengapa masyarakat pesisir miskin sering muncul :

1. Belum Punya Cara Mengtasi Masalah

Gambar Indonesia Negara Maritim Mengapa Masyarakat Pesisir Miskin dan Tidak Sejahtera ? 1 - ZONABAHARI.COM
https://www.kiara.or.id/

Masyarakat pesisir identik dengan penangan masalah dengan cara yang berbeda dalam aspek struktur sosial, kepercayaan, pengetahuan dan peranan sosialnya. Warga di kawasan ini belum memiliki pengetahuan lebih dalam menyelesaikan permasalahan yang silih berganti.

Permasalahan yang rumit masyarakat pesisir hadapi meliputi, keterbatasan pengetahuan, kemiskinan, peran aktif orang luar pesisir, sampai dengan pengelolaan sumber daya teknologi. Kebanyakan masyarakat pesisir masih menggunakan cara lama untuk atasi permasalahan ini.

2. Persaingan antar Nelayan Tradisional dan Trawl

Gambar Indonesia Negara Maritim Mengapa Masyarakat Pesisir Miskin dan Tidak Sejahtera ? 3 - ZONABAHARI.COM
https://www.kompasiana.com/

Mayoritas masyarakat pesisir masuk ke dalam kategori ekonomi menengah kebawah, meskipun tidak semuanya seperti ini. Terjadinya kemiskinan di masyarakat pesisir Indonesia tidak lepas dari kehadiran persaingan antara nelayan trawl dan tradisional.

Hampir semua nelayan tradisional tidak terpenuhi hak hak dasarnya meliputi, kebutuhan kesehatan, pekerja, pangan, sampai dengan infrastruktur. Ketidakmerataan pemberian elemen kehidupan ini yang tidak masyarakat pesisir terima, sehingga tidak tahu metode terbaik dalam bersaing.

3. Minimnya Kesempatan Berusaha

Gambar Indonesia Negara Maritim Mengapa Masyarakat Pesisir Miskin dan Tidak Sejahtera ? 5 - ZONABAHARI.COM
https://aceh.inews.id/

Masyarakat pesisir juga kurang mendapatkan berusaha, karena tidak memiliki akses bagus dalam mencari informasi mengenai permodalan, budaya, teknologi, gaya hidup dan tren pasar saat ini. Tentu saja hal ini membuat warga di kawasan ini tidak tahu cara terbaik menawarkan produknya.

Kebanyakan masyarakat pesisir bahkan tidak mengerti bagaimana membuat sebuah olahan atau produkĀ  agar terlihat lebih baik atau branding. Padahal dalam proses penjualan barang branding merupakan aktivitas yang tidak dapat orang sepelekan dan harus mengaksesnya dengan baik.

4. Hubungan Pelanggan Bersifat Amatris

Gambar Indonesia Negara Maritim Mengapa Masyarakat Pesisir Miskin dan Tidak Sejahtera ? 7 - ZONABAHARI.COM
https://halojatim.com/

Memiliki pelanggan yang sangat bergantung kepada produk produsen memang sangat penting untuk membuat proses bisnis berjalan lancar. Misalnya pedagang ikan di pasar sangat bergantung pada hasil tangkapan nelayan sehingga bisa menyuplai barang dagangannya. Elemen ini sangat penting.

Hal seperti ini belum masyarakat pesisir dapatkan akibat adanya nelayan trawl tadi. Hubungan antara nelayan tradisional warga setempat umumnya bersifat amatris sehingga tidak ada transaksi yang begitu masif. Kondisi seperti ini tentu sangat mempengaruhi hubungan timbal balik dari sebuah transaksi.

5. Tidak Maksimal Memanfaatkan Aspek yang Ada

Gambar Indonesia Negara Maritim Mengapa Masyarakat Pesisir Miskin dan Tidak Sejahtera ? 9 - ZONABAHARI.COM
https://www.majalahdermaga.co.id/

Wilayah pesisir punya potensi luar biasa dari sumber daya Alamnya di Indonesia. Akan tetapi, pemanfaatan potensial area pesisir dan pulau pulau kecil belum optimal dari pihak pemerintah. Kegiatan pengelolaan pengembangan di daerah ini masih sangat minim sekali dan cenderung tidak mendapatkan progres apapun.

Hal ini tentu mengakibatkan ancaman dari sisi ekologi seperti perusakan ekosistem, pencemaran, sampai dengan terjadi overfishing. Selain itu aksesibilitas juga menjadi menurun karena tidak adanya pembangunan sistem akses dari satu tempat ke tempat lain secara masif. Pembuatan aksesibilitas ini sangat penting.

6. Kurang Terlibat dalam Infrastruktur

Gambar Indonesia Negara Maritim Mengapa Masyarakat Pesisir Miskin dan Tidak Sejahtera ? 11 - ZONABAHARI.COM
https://wartaindonesia.co.id/

Masyarakat pesisir juga biasanya tidak mendapatkan ajakan untuk terlibat dalam pembangunan di kawasan ini. Maksud dari keterlibatan ini adalah secara maksimal, dimana setiap program pembangunan yang mengangkut area ini bisa mengajak warga setempat dan meminta pendapatnya sehingga menemukan jalan terbaik.

Kurangnya partisipasi masyarakat pesisir dalam pembangunan ini yang menjadikan tidak ada wawasan lebih sehingga kondisi dari warga setempat stuck atau macet pada satu titik. Padahal partisipasi sangat penting untuk menemukan solusi terbaik khusus untuk menunjang kehidupan masyarakat pesisir. Melihat sudut pandang dari masyarakat pesisir juga penting.

Demikian informasi mengenai kenapa pernyataan Indonesia negara maritim mengapa masyarakat pesisir miskin sering muncul. Kemampuan dalam memaksimalkan potensi daerah pesisir memang belum terjadi. Peningkatan pendidikan dan pengetahuan untuk masyarakat pesisir juga sangat penting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *