Tips Memotret saat Berlibur di Pantai

Saat berlibur ke pantai dan Anda berniat mengambil gambar dengan hasil baik, maka ada baiknya memperhatikan berbagai tips memotret. Dengan begitu, momen-momen yang Anda simpan akan sesuai ekspektasi. Simak uraian berikut.

Tips Memotret saat Liburan ke Pantai

Pantai merupakan salah satu objek wisata yang memiliki banyak sekali penggemar. Ketika musim liburan, sebagian orang memilih mengunjungi tempat ini dan menikmati berbagai keseran bermain air. Dalam mengabadikan gambar pada momen ini, perlu memperhatikan beberapa tips berikut:

  1. Patok Kemiringan Foto dengan Garis Cakrawala

Tips pertama saat mengambil foto berlibur ke pantai adalah perhatikan penggunaan garis cakrawala. Saat memotret dengan latar belakang berupa perairan, kadang kala menjaga keseimbangan menjadi salah satu tantangan.

Garis cakrawala merupakan satu opsi solusi bagi tantangan menjaga keseimbangan saat mengambil gambar berlatar belakang pantai. Lihatlah ujung lautan untuk menentukan kemiringan yang tepat atas posisi kamera agar hasil menjadi baik. Selain itu, nyalakan pula fitur grid agar semakin mudah.

  1. Usahakan Tidak Mengambil Foto Saat Cahaya Begitu Menyilaukan

Siang hari merupakan saat bagi matahari untuk bersinar sangat terik. Intensitas cahaya tinggi yang berlebihan justru dapat membuat hasil foto sangat jelas. Namun, sayang sekali karena detail dari objek pada gambar kurang akurat.

Bagi Anda yang menginginkan hasil foto dengan detail objek yang lebih jelas, sebaiknya berkunjunglah ke pantai pada pagi atau sore hari. Sekitar pukul 09.00 atau lebih dari jam 15.00, intensitas cahaya mataharinya sangat cocok.

  1. Pakailah Teknik Low-Speed

Ada banyak sekali teknik-teknik pengambilan gambar yang dapat fotografer gunakan. Low-Speed merupakan salah satu trik pilihan untuk mengambil foto objek-objek pantai seperti ombak bergerak. Hal ini bertujuan guna mendapat hasil maksimal karena kecepatan gerakan berbeda-beda.

Cara menggunakan fitur low-speed ini adalah dengan mengatur ISO menjadi paling rendah. Lalu, tambah aperture ke f/22. Jangan lupa pada bagian exposure, ubah ke +0,3. Namun, jika foto hasil jepretan mengalami blur, coba ganti aperture ke f/10 atau ISO menjadi 200 atau 400.

  1. Gunakan Tripod untuk Hasil Lebih Maksimal

Tripod merupakan sejenis penyangga untuk meletakkan alat memotret agar hasil akhir lebih stabil. Pantai biasanya memiliki ombak baik kecil maupun besar. Hal ini tentu dapat membuat pemotret bergerak tidak beraturan. Oleh karena itu perlu penyeimbang.

Untuk mengatasi masalah berupa stabilitas pemotret akibat ombak atau angin pantai, tripod bisa menjadi solusinya. Dengan meletakkan alat memotret padanya, kemungkinan hasil gambar goyang akan lebih sedikit. Bagaimana menurut Anda?

  1. Carilah Spot Kosong

Pantai merupakan objek dengan hamparan keindahan yang begitu memikat. Jika sedang mengunjunginya dan hendak mengambil gambar, ada baiknya manfaatkan pemandangan alam ini sebagai latar belakang foto Anda.

Latar belakang pantai yang indah bisa Anda dapatkan dengan mencari spot sekosong mungkin. Tujuannya agar pemandangan cantik ini lebih nampak. Bukan sebuah larangan, tetapi sebaiknya hindari berpose begitu dekat dengan kamera karena akan menutupi lautan.

  1. Perhatikan Pilihan Warna Baju

Setiap orang memang bebas memakai baju warna apapun saat ingin berfoto dengan latar belakang pantai. Namun, sekadar saran sebaiknya kenakanlah baju berwarna merah atau kuning saat pengambilan gambar dengan intensitas cahaya tinggi.

Saat hari begitu cerah, warna baju merah atau kuning nantinya akan cukup kontras dengan birunya pantai yang ada pada latar belakang. Oleh sebab itu, hasil akhir foto tampak lebih unik dan juga menarik.

  1. Bawalah Aksesoris Tambahan

Aksesoris merupakan salah satu jenis benda yang keberadaannya bertujuan untuk mempercantik objek ataupun pemakainya. Saat pergi ke pantai, tidak ada salahnya bila Anda ingin membawa beberapa pernak-pernik untuk kepentingan pengambilan gambar.

Aksesoris pada saat pemotretan merupakan salah satu jalan untuk menghasilkan gambar yang lebih ‘hidup’. Namun, pastikan untuk memilih pernak-pernik sesuai dengan konteks foto. Contoh umumnya adalah topi, kacamata, dan lain sebagainya.

Nah, itu tadi 7 tips memotret yang dapat Anda coba saat berlibur ke pantai. Dalam prosesnya, alat pemotretan bisa juga menggunakan handphone. Semoga beberapa trik ini dapat memberikan hasil foto yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *